Notification

×

Kode Iklan Disini

Kode Iklan Disini

Anggaran Belanja Fantastis,Warga Sorot Dana Desa Marindal 1 Patumbak

Kamis, 01 September 2022 | September 01, 2022 WIB Last Updated 2022-09-01T10:24:17Z
Keterangan Foto; Papan Reklame pendapatan dan Belanja Desa Tahun anggaran 2022 Di Desa Marindal 1,Kecamatan Patumbak,Kabupaten Deli serdang berdiri tegak dihalaman Kantor Desa.

Narasisumut.id] Sejumlah Warga yang bermukim di Desa Marindal 1,Kecamatan Patumbak,Kabupaten Deli serdang menyoroti besarnya anggaran belanja yang digunakan oleh pemerintah desa dalam beberapa Bidang pembelanjaan.

Terdapat tiga bidang yang dianggap menggunakan anggaran Fantastis yakni anggaran Bidang Penyelenggaraan pemerintah Desa senilai Rp.812.066.000,Bidang Pemberdayaan masyarakat senilai Rp.385.689.000.serta Bidang penanggulangan bencana,keadaan darurat dan mendesak Desa senilai Rp 607,653.000.

Disusul dua bidang lainnya yakni Bidang pembangunan senilai Rp.212.852.412,serta bidang pembinaan kemasyarakatan 41.000.000 sehingga total belanja tersebut mencapai Rp 2.059.261.012 miliar.


Beberapa warga pun mempertanyakan alokasi penggunaan anggaran tersebut yang jarang diketahui dirasakan langsung oleh masyarakat Desa.

Sorotan yang sama juga berasal dari Samuel Hutasoit SH,salah seorang Warga Jalan Karya Ujung,Desa Marindal 1 Kecamatan Patumbak,yang juga dikenal sebagai Wartawan di Kabupaten Deli serdang.

Kepada beberapa wartawan,Samuel menyebut anggaran yang dikeluarkan untuk pembelanjaan dalam beberapa bidang tahun anggaran 2022 itu perlu dilakukan pengawasan,baik oleh masyarakat Desa Marindal 1,maupun institusi penegak hukum seperti POLRI dan KEJAKSAAN.

"Masyarakat berhak mengawasi dan melaporkan apabila terdapat hal-hal yang tidak wajar terkait anggaran dana Desanya,Terang Samuel Hutasoit SH.

Wartawan yang dikenal berani dikalangan wartawan itu pun berjanji akan melakukan pengawasan terhadap alokas dana desa yang belum dirasakan oleh masyarakat.

"Itu kan ada beberapa bidang anggaran,nanti akan saya tanyakan ke Kepala Desa,alokasinya kemana saja,misalnya pembangunan,apa yang dibangun,kalau drainase ada dugaan Mark Up atau tidak,kalau bidang pemberdayaan masyarakat,masyarakat di dusun mana saja yang diberikan pelatihan pemberdayaan.kalau bidang bencana kita pertanyakan juga warga yang terkena bencana siapa saja,dan menerima berapa,karena sudah ada BPBD",terang Samuel.

Menyoal hal itu,Camat Patumbak Budi S Pane yang dikonfirmasi oleh wartawan mendukung fungsi tugas jurnalistik dalam perannya sebagai kontrol sosial.

"Kontrol sosial",Balas Pane Singkat.

Terpisah Kepala Desa Marindal I,Kecamatan Patumbak,Kabupaten Deli serdang Ardianto saat dikonfirmasi mengaku tengah berada di Lubuk Paka Deli serdang.

"Masih di pakam",Balas Ardianto yang beberapa waktu lalu kembali terpilih sebagai Kepala Desa Marindal I untuk periode kedua tersebut.(Sam).